Algoritma Google Pigeon

Algoritma Google Pigeon – Sama seperti algoritma Google yang lainnya, Pigeon juga memiliki fungsi untuk mengontrol sebuah situs Website atau Blog yang berapa di halaman mesin pencari Google. Tetapi, algoritma ini lebih berfokus kepada pencarian lokal terhadap situs Website.

Beberapa pakar SEO mengatakan bahwa untuk Algoritma Google Pigeon ini hanya berfokus pada pencarian lokal, jadi dampak yang di diterima kemungkinan tidak terlalu signifikan terhadap Blog atau Website.

Justru ada banyak keuntungan yang diberikan untuk masalah update algoritma ini, salah satunya kita bisa memilih pencarian yang lebih bertarget serta berdampak baik bagi pebisnis kecil. Misalnya untuk pencarian di wilayah lokal sangat memungkinkan dan akan sering terjangkau pada hasil pencarian.

google-pigeon

Pengertian Google Pigeon

Algoritma Pigeon Merupakan algoritma terbaru dari google yang saat ini sedang di rilis, sebelumnya ada algoritma Hummingbird, Algoritma Panda dan Algoritma Penguin. Google sendiri selalu mengupadate algoritmanya dengan menggunakan nama-nama hewan.

Menurut ahli pakar SEO pemilihan nama hewan dari sebuah algoritma mencerminkan dari sifat hewan itu sendiri. Seperti pada Pigeon ini yang berarti burung dara, hewan ini tidak akan jauh meninggalkan sarang untuk pergi kemanapun. Sama seperti algoritma Google Pigeon hanya berfokus pada pencarian lokal atau sekitaran suata wilayah.

Pengaruh Algoritma Google Pigeon

Pengaruh yang di hasilkan dari Google Pigeon ada pada hasil pencarian saja. Dan di sinilah peran artikel dan keyword sangat penting. Saat ini google sedang mengembangkan algoritmanya yang mana pembaruan hanya berfokus pada isi konten yang relevan dan keyword pada konten dalam hal pencarian lokal.

Sebagai contoh, jika ada pengunjung ingin melakukan pencarian tentang “Update Terbaru Vainglory”, maka ketepatan keyword ataupun konten pada sebuah Website atau Blog akan mudah ditemukan oleh mereka. Beberapa poin ini sangat berpengaruh untuk kemajuan Website kamu.

google pigeon
source: local splash

Poin Penting Yang Harus Kamu Lakukan Untuk Algoritma Pigeon

  • Membuat Konten Untuk Pengunjung Lokal

Perbanyaklah menulis artikel yang mengarah kepada suatu daerah tertentu, misalnya untuk membuat judul dan keyword pada wilayah lokal. Contohnya, kamu membuat judul ‘Tempat Wisata Bandung Terbaik’ maka keyword kamu harus mengandung unsur wisata di daerah Bandung.

  • Meningkatkan Authoritas Domain atau Halaman Web

Seperti yang kita ketahui bahwa cara salah satu yang paling ampuh untuk mendapatkan posisi serp (Search Engine Result Page) yang baik adalah dengan meningkatkan authoritas domain dan authoritas halaman. Website yang mempunyai authoritas baik tidak akan pernah di abaikan oleh semua search engine.

  • Konten Harus Berfokus pada Pengalaman Pengguna

Berfokus membuat artikel hanya untuk pengalaman pengguna, ini salah satu cara untuk menyesuaikan algoritma google Pigeon untuk saat ini. Jika kamu masih menggunakan metode konten hanya bertujuan untuk mesin pencari dengan memperbanyak keyword, maka kamu harus hentikan hal ini sekarang karena google lebih pintar untuk membaca dan mengetahui dari isi konten kamu.

  • Menanggapi Semua Komentar Blog atau Website

Jika dalam konten kamu ada komentar sebaiknya kamu menanggapinya atau merespon, karena dalam sebuah komentar Google akan melihat bahwa konten kamu mempunyai reputasi baik untuk semua pengunjung. Bila Website atau Blog kamu banyak dengan komentar janganlah berpikir negatif, karena banyaknya komentar bisa menambah reputasi hasil pencarian di halaman Google.

Diatas merupakan informasi mengenai algoritma Google Pigeon yang sedikit memberikan keuntungan dalam pencarian suatu wilayah tertentu. Baca juga informasi mengenai algoritma Google Panda, Hummingbird, Penguin, Caffeine, Mobilegeddon, Pirate, dan Dinosaurus.