Algoritma Google Penguin

Algoritma Google Penguin – Merupakan algoritma google yang diluncurkan pada 24 April 2012, yang bertujuan menurunkan peringkat di mesin pencari untuk situs yang melanggar panduan Google Webmaster.

Algoritma Penguin dibuat untuk menyaring situs yang mengambil keuntungan dari Google.

Maksudnya, menyediakan artikel yang memiliki backlink palsu (buatan sendiri) atau pembaca tidak mendapatkan informasi dari setiap artikel yang dibuat (low content).

Google Penguin memberikan dampak yang signifikan dalam hal traffic pada situs Website atau Blog. Sejak pertama kali diluncurkan banyak Blog atau Website yang mengalami penurunan secara drastis atau kenaikan pada traffic di Google, karena dampak dari Penguin itu sendiri.

Blog yang banyak melakukan kegiatan spam dan menggunakan teknik SEO blackhat (curang) akan terkena hukuman. Salah satu contoh hukuman (penalty) yang diberikan yaitu beberapa halaman blog tidak lagi diindeks oleh Google.

Hal ini akan sangat merugikan apabila terjadi pada blog kita, karena jumlah halaman yang diindeks berkurang, tentunya jumlah kunjungan pembaca dari mesin pencari-pun menjadi berkurang.

algoritma-google-penguin

Visi Google Penguin:

Algoritma ini memiliki tujuan yaitu memberantas spam yang dilakukan oleh suatu Blog atau Website dalam memberikan backlink terhadap suatu situs yang dibuat.

Misi Google Penguin:

Untuk mencapai tujuan dari Google Penguin, maka harus dilakukan suatu misi untuk menghukum sebuah Blog agar tidak berbuat curang terhadap situs mereka.

Adapun misi dari algoritma Penguin itu sendiri:

  1. Menyaring backlink dan hanya memberikan poin pada backlink yang natural. (nature backlink berupa rujukan atau hasil karya).
  2. Manajer dari semua tautan (link) yang terkait terhadap situs kamu, seperti:
  • Link pada kolom komentar.
  • Link pada signature  forum.
  • Link dari paid link.
  • Link pada banner dan widget app.
  • Link pada public and private network.
  • Link dari blogroll atau tukar link.
  • Link pada sitewide.
  • Link dari direktori yang di blacklist.

Cara Menghindari Algoritma Google Penguin:

Banyak situs yang di buang kehalaman 2 atau tidak di indeks sama sekali oleh algoritma Penguin, hal itu dikarenakan memasukan backlink secara brutal, tanpa melihat kualitas dan relevansi backlink itu sendiri.

Memang tak bisa dipungkiri backlink sangat berpengaruh dalam menunjang Website kamu, untuk dapat naik peringkat di halaman pertama Google.

  • Buatlah backlink secara natural dan wajar sesuai dengan kebutuhan situs kamu, memberi backlink yang wajar untuk menghindari algoritma Google Penguin.
  • Dalam membuat backlink perhatikan otoritas domain kamu karena ini sebagai barometer google, jika backlink kamu dan otoritas domain tidak wajar akan menjadi incaran Penguin.
  • Backlink yang relevan, banyak yang tidak memperhatikan hal yang satu ini karena dengan artikel yang berkualitas dan backlink yang sesuai dengan isi konten (tidak brutal) akan terhindar dari ancaraman algoritma Penguin.

Informasi diatas hanya sebagian dari algoritma Google Penguin, masih banyak yang harus kita pelajari seperti hal apa saja yang dilakukan dalam membuat backlink yang benar. Algoritma dari Google juga terbagi beberapa jenis, seperti Google Panda, Google Humingbird, Google Pigeon, Google Mobilegeddon, Google Pirate, Google Dinosaurus atau Google kaffeine.