Akun Medsos Mudah Diretas, Ini Penyebabnya

46

TeknobosAkun Medsos Mudah Diretas, Ini Penyebabnya – Seperti yang kita ketahui bersama, hampir sebagian besar orang memiliki akun media sosial sendiri. Tapi, sayangnya hanya sedikit orang yang bisa merawatnya dengan baik.

Akun Medsos Mudah Diretas, Ini Penyebabnya

Akun media sosial sebenarnya sangat rentan terhadap peretasan, dan Anda sebagai pemilik harus mengetahui bahwa setidaknya ada lima alasan yang membuat akun media sosial Anda rentan terhadap peretasan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat komentar di bawah ini.

1. Menggunakan password / kata sandi yang mudah ditebak, contohnya tanggal lahir

Kata sandi di media sosial menjadi pertimbangan yang sangat penting, dan perannya berfungsi sebagai perlindungan awal untuk menjaga keamanan akun. Sayangnya, masih banyak orang yang menggunakan password yang terlalu sederhana dan mudah ditebak.

Misalnya, ulang tahun Anda, jika kata sandinya sederhana, akun Anda dapat dengan mudah diambil alih oleh orang lain. Masukkan sandi yang agak rumit. Jika Anda sulit mengingatnya, harap tulis sandi di selembar kertas.

2. Menyepelekan fitur proteksi tambahan yang sudah disediakan

Sebagian besar media sosial memberikan perlindungan tambahan untuk keamanan akun, seperti verifikasi dua langkah. Tujuannya jelas, namun banyak orang yang masih malas menggunakannya.

Kita semua tahu bahwa perlindungan yang ditingkatkan akan menyebabkan beberapa masalah saat Anda masuk ke akun Anda. Namun, sangat berguna untuk memblokir login yang mencurigakan dan membatasi akses ke akun.

3. Masuk ke akun media sosial di tempat yang tidak resmi

Untuk mengurangi kecurigaan, ada terlalu banyak website palsu yang merepresentasikan media sosial ternama, dengan tujuan mengambil alih akun yang Anda gunakan untuk login ke website tersebut.

Oleh karena itu, selalu gunakan nama pengguna dan kata sandi akun media sosial Anda pada aplikasi dan situs web resmi atau setidaknya tepercaya. Jangan asal masuk sembarangan, bisa jadi akun Anda telah diambil alih oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Mudah tergiur dengan hadiah palsu yang mengatasnamakan brand tertentu

Penipuan hari ini tidak terbatas pada situasi keuangan kita, itu juga termasuk akun media sosial. Dia dapat bertindak atas nama merek, iming – iming hadiah menarik, dan meminta tautan untuk masuk.

Ini sering terjadi, dan banyak orang kehilangan akun karena terrlalu mudah percaya. Meski terlihat menggiurkan, namun jika itu bukan pernyataan resmi dari pihak yang terkait, jangan sembarangan mengikuti kuis atau event.

Baca juga : Layanan Penyimpanan Foto Terbaik Selain Google Photos