4 Tips Agar Flashdisk Tidak Cepat Rusak

Kamu memerlukan beberapa tips agar flashdisk tidak cepat rusak sehingga kamu tidak kehilangan data peting secara mendadak. Merawat flashdisk sangat diperlukan agar flashisk awet dan digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Perlu kamu ketahui bahwa merawat flashdisk tidak hanya secara fisik saja. Secara fisik memang lebih mudah dirawat jika dibandingkan merawat sistemnya. Untuk itu, kamu memerlukan informasi yang secara khusus akan membantu kamu dalam merawat flashdisk dengan baik dan benar.

4 tips agar flashdisk tidak cepat rusak

4 Tips Agar Flashdisk Tidak Cepat Rusak - Tips

Ada 4 tips yang bisa kamu ikuti untuk menjaga flashdisk dari kerusakan fisik maupun system. Simak dan praktikkan keempat tips berikut ini.

1: Simpan data dengan baik

Hal yang pertama kamu perhatikan adalah menyimpan data dengan bijak. Kamu harus memilih data yang akan kamu simpan. Sebagai contoh, kamu mungkin perlu melakukan kompres terhadap file besar seperti video atau film.

Selain itu, perhatikan pula ketika kamu memindah file dari komputer. Pastikan file yang dipindahkan merupakan file yang tidak terinfeksi virus ataupun file yang membahayakan.

2: Rajin scan virus

Tips agar flashdisk tidak cepat rusak selanjutnya adalah melakukan scan terhadap flashdisk untuk membersihkan virus. Virus merupakan musuh utama dalam dunia digital, termasuk membahayakan flashdisk. Karena virus bisa saja tersebar secara offline, maka kamu perlu melakukan scanning secara berkala.

3: Mengikuti prosedur penggunaan dengan benar

Tips ketiga untuk merawat flashdisk adalah dengan cara menggunakannya sesuai aturan. Salah satu contohnya adalah dengan melakukan eject terlebih dahulu sebelum dicabut. Kamu juga direkomendasikan untuk selalu menutup USB jika sudah selesai memakainya. Hal ini guna menjaganya dari debu yang bisa membuat flashdisk tidak terbaca.

4: Merawat secara fisik

Perawatan secara fisik juga perlu agar flashdisk tidak cepat rusak. Kamu harus menempatkannya di tempat yang sesuai dan jauh dari air. Hal ini akan membuat awet flashdisk secara fisik.

Nah, kini kamu bisa memuai untuk merawat flashdisk kamu dengan benar. Dengan mengikuti tips agar flashdisk tidak cepat rusak di atas, kamu bisa lebih lama dalam menggunakan flashdisk nantinya.

Baca juga artikel terkait tips hardware lainnya.