Inilah 4 Cara Mempercepat Jaringan Wifi Dengan Mudah

1,224

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Cara Mempercepat Jaringan Wifi tidakah sulit, hanya memerlukan ketelitian saja. Pada zaman sekrang ini, wifi telah menjadi kebutuhan utama dalam menunjang kegiatan sehari-hari. Wifi sebagai sambungan internet memang memiliki kecepatan yang lebih cepat dari pada menggunakan kuota data.

Namun, bagaimana jika sambungan wifi mengalami penurunan kecepatan atau menjadi lemot ? tentu akan membuat Anda merasa kesal. Untuk itu, kami berikan solusi untuk mengatasi wifi yang lambat atau lemot.

4 Cara Mempercepat Jaringan Wifi Dengan Mudah

Cara Mempercepat Jaringan Wifi - Tips

Mengatasi jaringan internet yang lambat dapat dilakukan siapa saja. Namun, dalam melakukannya memerlukan ketelitian dan kehati-hatian agar tidak terjadi kerusakan. Untuk mempercepat jaringan wifi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Jangan Menaruh Router di Lantai

Mungkin hal ini sepele, tapi memiliki pengaruh yang cukup besar. Untuk itu taruhlah router di tempat yang tinggi, supaya dalam menangkap sinyal lebih bagus. Jika router ditaruh pada lantai, maka akan sulit menerima sinyal karena lantai mengandung semen, beton dan logam yang sulit ditembus wifi.

  1. Jauhkan Router Dari Barang Elekronik

Untuk menghindari turunnya kecepatan wifi, hindarilah meletakkan router dekat dengan benda elektronik lainnya seperti microwave, tv dan barang lain yang menghasilkan sinyal elektromagnetik karena dapat mengganggu sinyal wifi.

  1. Mengubah Setting Bandwidth

Bandwidth adalah luas cakupan frekuensi sinyal untuk transmisi data. Pada settingan default bandwidth hanya menjangkau sinyal sekita 20% saja. Untuk memaksimalkan koneksi internet, ubahlah settingan bandwidth pada computer configuration. Untuk merubahnya masuk program Run dengan klik logo windows, pada bagian run ketik gpedit.msc dan klik ok.

Setelah muncul layar baru, double klik computer configuration pilih administratif kemudian klik template, klik network dan pilih QoS packed scheduler. Setelah itu, klik limit reservable bandwidth pilih menu enable dan ganti bandwidth limit menjadi 0 lalu klik ok. Setelah semua selesai restart komputer.

  1. Mengubah DNS

Supaya jaringan lebih, cepat gantilah DNS atau Domain Name System default menjadi open DNS. Untuk mengubah DNS, pertama klik kanan ikon Network dan pilih open network and sharing center. Kemudian, pilih menu connection maka akan muncul wireless network connection status lalu klik properties.

Kemudian pilih internet protocol version 4 (TCP/IPv4) klik properties. Selanjutnya tab general dan checklist pada  use the following DNS server addresses. Selanjutnya ubah preferred DNS: 208.67.222.222 dan alternate DNS: 208.67.220.220 dan klik ok. Langkah terakhir silahkan restart komputer Anda.

Sangat mudah bukan cara mempercepat jaringan wifi? Silahkan mencobanya di rumah dan semoga jaringan wifi menjadi stabil dan lebih cepat.

Baca juga tips komputer lainnya.