2 Cara Memberi Password Pada Folder

Anda ingin mengunci folder penting? Ketahuilah cara memberi password pada folder, agar folder Anda aman. Teknologi zaman sekarang yang kian maju juga mebuat keamanan sebuah data mengalami kemajuan. Sebuah privasi dan hal-hal yang bersifat pribadi pun bisa disimpan dengan aman, melalui bantuan teknologi tersebut.

Akan tetapi, sampai sekarang masih belum ada sistem operasi pada PC yang memiliki fitur password folder secara default. Padahal dalam penggunaan PC, penguncian sebuah folder dengan menggunakan password merupakan hal yang penting. Dan bagi pengguna yang ingin data-datanya lebih aman, Anda bisa membuat password untuk folder dengan menggunakan fitur yang ada di Windows atau dengan menggunakan sebuah software.

Berikut akan dijelaskan bagaimana caranya membuat password untuk setiap folder penting Anda. Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Memberi Password Pada Folder Tanpa Software

Cara Memberi Password Pada Folder - Tips

Windows sendiri memiliki sebuah fitur yang dinamakan enkripsi folder. Fitur yang satu ini bisa mengunci folder dengan password yang menempel pada akun standar atau akun administrator yang sedang melakukan login. Apabila Anda memiliki suatu folder rahasia yang tak ingin dibuka oleh pengguna lain di komputer yang digunakan lebih dari satu orang, gunakanlah cara ini untuk mengunci folder tersebut.

Langkah-langkah dalam membuat password pada folder adalah sebagai berikut :

  1. Pertama, bukalah file explorer. Lalu buka folder yang akan diberi password.
  2. Kedua, klik kanan pada folder tersebut, lalu pilihlah menu ‘Properties’.
  3. Selanjutnya pada menu bar ‘General’, klik ‘Advanced’.
  4. Untuk memberi password pada folder, berikan tanda centang pada ‘Encrypt content to secure data’. Kemudian klik ‘OK’.
  5. Klik ‘OK’ lagi.
  6. Terakhir, pilihlah ‘Apply change to this folder, subfolder, and files’. Lalu klik ‘OK’.

Cara Memberi Password Dengan Software

Cara termudah untuk memberikan password pada folder menggunakan software adalah dengan aplikasi yang juga mengelola file ZIP atau RAR. Salah satu software atau aplikasi gratisnya yaitu 7Zip. Berikut langkah-langkah menggunakan 7Zip untuk memberi password pada folder :

  1. Pertama, unduh aplikasi 7Zip jika Anda belum memilikinya.
  2. Kedua, instal aplikasi tersebut setelah selesai diunduh.
  3. Selanjutnya buka folder yang ingin diberi password, lalu klik kanan pada folder > 7Zip > Add to archive.
  4. Setelah itu akan muncul jendela 7Zip. Pilihlah format arsip pada menu ‘Archive Format’.
  5. Masukkanlah kode password untuk mengunci folder. Lalu klik ‘OK’.
  6. Folder telah aman dengan password. Dan jika ZIP dibuka dengan file explorer, maka akan muncul pesan ‘Windows cannot complete the extraction’.

Demikian penjelasan mengenai cara memberi password pada folder. Cara-cara seperti di atas dapat diaplikasikan untuk Windows 7, 8, dan 10. Folder pribadi Anda pun akan aman. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Baca juga tips komputer lainnya.